Lazismu DIY Dukung Program Vaksinisasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Kelompok Penyandang disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya mendapatkan giliran untuk disuntik vaksin COVID-19, Sabtu (04/09/2021). Mereka mengikuti Program vaksinasi Covid-19 yang di selanggarakan Oleh Muhammadiyah Covid-19 comand Center berkerjasama dengan Lazismu Wilayah DIY dan MPS Wilayah DIY di Balai Desa Argosari, Sedayu,Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta.

“peserta Vaksin adalah dari kelompok penyandang Disabilitas sebanyak 161 orang ditambah oleh pendamping serta memberikan kesempatan kepada relawan dan masyarakat umum maupun warga untuk turut serta dalam program vaksinisasi tersebut. Harapanya kegiatan ini bermanfaat untuk penyandang disabilitas serta untuk kita semua,” kata Panitia Progarm Vaksinisasi Bagi penyandang Disabilitas MCCC DIY Sumirat.

Sumirat menyebut selain kelurahan argosari dan argomulyo ada juga argodadi dan argo rejo telah melakukan vaksinisasi minggu lalu di Puskesmas 2 dibantu oleh PKU Muhammadiyah Gamping.

Kepala desa Argosari bantul menyebutkan desa argosari mencangkan diri sebagai kelurahan inklusif yang ramah terhadap orang penyandang disabilitas dengan terselenggaranya program vaksinisasi. Ini mereka mendapatkan fasilitas vaksin.

Menurutnya, vaksinasi harus dilakukan secara masif agar terbentuknya kekebalan kolektif untuk menghadapi kemungkinan kita terpapar covid-19 karena tidak cukup hanya dengan menjaga prokes kita juga terus mengembangkan atau meningkat imun kita dengan mengikuti program vaksin.

Hj Suwandi Danu Subroto selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul mengatakan bahwa Dalam Rangka Memberikan Sesuatu yang dibutuhkan Oleh Masyarakat maupun negara dalam menanggulangi wabah Covid-19 yaitu Vaksinisasi ini adalah sebagai wujud Muhammadiyah dalam menegaskan negara kita sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah yaitu pembuktian bahwa umat harus berperan aktif dalam pemahaman, penghayatan dan laku Hidup sehari-hari.

Dalam acara Progam vaksinisasi ini dibuka secara resmi oleh Bapak Hj Isnawan selaku Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta beliau mengharapkan dengan adanya program ini segera terbentuknya Herd Imunity yang dimana Imun kita meningkat setelah vaksin tersebut.

Turut hadir pula Pak Cahyono,S.Ag sebagai ketua Badan Pengurus Lazismu wilayh DIY di acara program tersebut. Beliau menyebutkan Lazismu akan memberikan dukungan penuh semua kegiatan-kegiatan yang diselengerakan oleh MCCC DIY. selain vaksinisasi, lazismu juga mendukung kegiatan seperti pembagian sembako untuk yang terpapar covid-19 serta lazismu siap memberikan santunan bagi yang terdampak covid-19.

Disebutkan pula bahwa lazismu siap menerima zakat, infaq dan shadaqah terutama untuk memberikan dukungan dalam penanggulangan wabah Corona Virus disease 19 (Covid-19) ini. Lazismu Insyaallah akan amanah kepada muzaki dan munfiq yang mendonasikan sebagian hartanya kepada lazismu.

Salah satu penyandang disabilitas Slamet Mulyono mengaku senang bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Hal itu sudah mereka tunggu sejak lama beliau juga menyampaikan bahwa program vaksin ini akan meningkatkan kekebalan tubuhnya akan mejadi kuat.

Dengan menggunakan tongkat pembantu, bapak slamet datang bersama rekan-rekan penyandang disabilitas lainnya yang tergabung dalam kelompok Penyandang Disabilitas.

Slamet menyebut dirinya telah lolos screening kesehatan hingga akhirnya bisa mendapat vaksin dosis pertama. “Alhamdulillah senang rasanya biar imun semakin kuat, sehat dan aman,” kata Slamet, warga asal Desa Argosari. (Ade Khrisna)

RELATED POSTS

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *